Main Article Content

Abstract

Inovasi produk sangat penting dalam menjalankan usaha atau bisnis karena  inovasi produk menyediakan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah dan kebutuhan konsumen sehingga dapat mengembangkan produk yang lebih efisien, efektif, dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik daripada pesaing. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, bisnis yang tidak mampu berinovasi akan tertinggal dan kehilangan pangsa pasar mereka kepada pesaing yang lebih inovatif. Dengan terus mengembangkan produk baru dan meningkatkan produk yang ada, dapat mempertahankan daya saing bisnis  dan tetap relevan di pasar. 


Karena dukungan kuat dari pemerintah, perkembangan UMKM di Indonesia sangat pesat. UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang mempunyai peranan penting dalam pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Kompong Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai pada tanggal 14 sampai 16 Oktober 2021 ini sangat tepat sasaran karena di Desa Kompang  terdapat beberapa Usaha UMKM yang beragam dan memiliki khasnya masing-masing, yang sangat membutuhkan edukasi bagaimana bertahan dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil dan melihat tingginya tingkat persaingan usaha. Kegiatan PKM ini dihadiri oleh pelaku UMKM di bidang usaha kripik pisang .Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Usaha UMKM khususnya yang ada di Desa Kompong semakin maju dan berkembang, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Article Details

How to Cite
Armen Rubak, Ilham, Asrianti, Guntur Suherman, M. B. M. I. R. . (2022). Inovasi Kemasan Produk Umkm Desa Kompong Kec. Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai . Celebes Journal of Community Services, 1(1). Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/celeb/article/view/1880

References

  1. Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1), Article 1.
  2. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.1118 8
  3. Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), Article 1.
  4. https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i1.992
  5. Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini,
  6. D. A., Meirizha, S. N., & Yul, F. A. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk Umkm Di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.225
  7. Anggraeni, Dista Ristiana.(2021).Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Ukm Kerajinan Kulit Manding Di Kabupaten Bantul).Skripsi.Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia.
  8. Barney Jay B William S Hesterly. (2018). Strategic Management and Competitive Advantage. In Competitive Strategy. https://doi.org/10.7551/mitpress/8956.003.0007