Main Article Content

Abstract

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran digital By Kala Nail Studio, sebuah usaha yang berfokus pada layanan nail art, manicure, pedicure, extensions, dan press-on nails di Kota Batam. Kegiatan ini berfokus pada optimalisasi pemasaran digital melalui produksi konten video untuk platform media sosial Instagram Reels dan TikTok serta pemanfaatan iklan berbayar (paid ads) untuk memperluas jangkauan audiens. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada metrik media sosial yaitu jumlah pengikut, jangkauan, dan interaksi serta peningkatan omzet sebesar 5-10%. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran berbasis konten visual dan iklan berbayar dapat menjadi pendekatan efektif dalam meningkatkan eksposur dan pertumbuhan layanan usaha nail art. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model bagi UMKM lainnya dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang strategis.

Keywords

pemasaran digital; media sosial; Instagram Reels; TikTok.

Article Details

How to Cite
Khesi, K., & Putra, E. Y. . (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Digital pada By Kala Nail Studio melalui Content Promotion. Celebes Journal of Community Services, 3(2), 299–314. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/celeb/article/view/1865

References

  1. Ayumsari, R. (2022). Peran Dokumentasi Informasi terhadap Keberlangsungan Kegiatan Organisasi Mahasiswa. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 63–78.
  2. Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46.
  3. Musika, A. D., Putri, H., Sari, V. K., & Apriansyah, L. H. (2023). Analisis Study Case: Penggunaan Digital Marketing Toko PM Collection Pku Melalui Aplikasi TikTok dan Instagram. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11982
  4. Rosaliza, M. (2015). Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79.
  5. Rozaq, M., & Nugrahani, R. U. (2023). Penggunaan Platform Video Pendek Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk UMKM. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.271
  6. Wibowo, T., & Yudi. (2021). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam. Conference on Business, Social Sciences and Technology, 1(1).
  7. Yulianto Putra, E., & Jason. (2022). Application of Digital Marketing to UMKM Grind Now Slow Bar in Using Social Media and E-Commerce. MOVE: Journal of Community Service and Engagement, 1(4), 106–113. https://doi.org/10.54408/move.v1i4.41
  8. Yulianto Putra, E., & Liesty Indriani, V. (2023). The Role of Social Media in Increasing Sales in Resepi Village. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 807–820. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i1.2338