Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam manajemen referensi dan teknik parafrase karya ilmiah melalui sosialisasi penggunaan aplikasi Zotero dan teknologi parafrase berbantuan ChatGPT. Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata dan diikuti oleh 38 mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata. Pendekatan yang digunakan mencakup sesi pembelajaran, diskusi interaktif, dan tutor sebaya, yang bertujuan untuk mengatasi hambatan dalam memahami penggunaan Zotero dan penerapan teknik parafrase yang efektif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa dalam mengelola referensi dan sitasi secara efisien, serta kemampuan parafrase yang lebih baik, yang membantu mereka menghindari plagiarisme dan meningkatkan kualitas penulisan akademik. Meskipun beberapa tantangan seperti adaptasi terhadap teknologi baru dan keterbatasan perangkat dihadapi, pendekatan kolaboratif berhasil meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta. Kesimpulannya, kegiatan ini berkontribusi signifikan dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah yang sesuai dengan standar akademik, sekaligus membekali mereka dengan keterampilan literasi digital yang esensial untuk karier akademik dan profesional mereka.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Atrisia, M. I., Khusaini, K., Latuconsina, H., & Kurniawati, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Manajemen Referensi Menggunakan Mendeley Bagi Para Dosen dan Mahasiswa. Jurnal SOLMA, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.11095
- Fadhli, M., M.Cs, M., S. T., & M.Kom, D. J. S., S. T. (2020). Panduan belajar manajemen referensi dengan Mendeley. Yayasan Kita Menulis.
- Hendal, B. A. (2019). Kuwait University Faculty Usage and Perspectives of Reference Management Software. Open Access Library Journal, 6(8), Article 8. https://doi.org/10.4236/oalib.1105685
- Khairunnisa, H., Pratama, A., Musyaffi, A. M., Wolor, C. W., Respati, D. K., F, N. F., & Zahra, S. F. (2022). KONSEP DAN TIPS DALAM MENULIS KARYA ILMIAH. Pascal Books.
- Nugrahanti, T. P., Qurtubi, A. N., Nazmi, R., Husnita, L., & Zahruddin, A. (2023). Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.292
- Ph.D, P. E. I. (2016). Strategi Hindari Plagiarisme. Gramedia Pustaka Utama.
- Salim, F. (2023). Manfaat Penulisan Karya Ilmiah Terhadap Mahasiswa.
- Sumarni, S., Rahmani, E. F., Bunau, E., Apriliaswati, R., Rosnija, E., & Suhartono, L. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI REFERENSI UNTUK MENUNJANG PENULISAN AKADEMIS BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.77-93
- Widiyastuti, N. E., Sanulita, H., Waty, E., Qani’ah, B., Purnama, W. W., Tawil, M. R., Hermawan, M. S., Zahara, A. E., Asry, W., Daniati, D., Busnawir, B., Masithoh, R. F., & Rumata, N. A. (2023). INOVASI & PENGEMBANGAN KARYA TULIS ILMIAH: Panduan Lengkap Untuk Penelitian dan Mahasiswa. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
References
Atrisia, M. I., Khusaini, K., Latuconsina, H., & Kurniawati, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Manajemen Referensi Menggunakan Mendeley Bagi Para Dosen dan Mahasiswa. Jurnal SOLMA, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.11095
Fadhli, M., M.Cs, M., S. T., & M.Kom, D. J. S., S. T. (2020). Panduan belajar manajemen referensi dengan Mendeley. Yayasan Kita Menulis.
Hendal, B. A. (2019). Kuwait University Faculty Usage and Perspectives of Reference Management Software. Open Access Library Journal, 6(8), Article 8. https://doi.org/10.4236/oalib.1105685
Khairunnisa, H., Pratama, A., Musyaffi, A. M., Wolor, C. W., Respati, D. K., F, N. F., & Zahra, S. F. (2022). KONSEP DAN TIPS DALAM MENULIS KARYA ILMIAH. Pascal Books.
Nugrahanti, T. P., Qurtubi, A. N., Nazmi, R., Husnita, L., & Zahruddin, A. (2023). Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.292
Ph.D, P. E. I. (2016). Strategi Hindari Plagiarisme. Gramedia Pustaka Utama.
Salim, F. (2023). Manfaat Penulisan Karya Ilmiah Terhadap Mahasiswa.
Sumarni, S., Rahmani, E. F., Bunau, E., Apriliaswati, R., Rosnija, E., & Suhartono, L. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI REFERENSI UNTUK MENUNJANG PENULISAN AKADEMIS BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.77-93
Widiyastuti, N. E., Sanulita, H., Waty, E., Qani’ah, B., Purnama, W. W., Tawil, M. R., Hermawan, M. S., Zahara, A. E., Asry, W., Daniati, D., Busnawir, B., Masithoh, R. F., & Rumata, N. A. (2023). INOVASI & PENGEMBANGAN KARYA TULIS ILMIAH: Panduan Lengkap Untuk Penelitian dan Mahasiswa. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.