Main Article Content

Abstract

Tempe merupakan makanan sehat berbahan alami yaitu kedelai dengan kandungan gizi yang lengkap seperti protein, vitamin B, asam lemak, antioksidan dan antibiotik alami. Tempe banyak dikonsumsi oleh mayoritas penduduk Indonesia sebagai lauk. Diversifikasi hasil olahan tempe  dapat dijadikan aneka macam produk dengan daya jual tinggi yang dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masayarakat setempat khususnya para wanita tentang diversifikasi tempe sekaligus mengadakan pelatihan agar dapat menambah pendapatan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu persiapan mencakup perencanaan dan sosialisasi program kegiatan, penyediaan alat dan bahan kegiatan, pelaksanaan kegiatan yaitu pelatihan diversifikasi olahan tempe serta pemantauan dan evaluasi.

Keywords

Pendapatan, Gizi, Tempe.

Article Details

How to Cite
Jalantina, D. I. K. ., Minarsih, M. M. ., Fatmasari, D. ., & Juliani, R. D. . (2024). Diversifikasi Produk Hasil Olahan Tempe Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Bandungrejo, Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Celebes Journal of Community Services, 3(1), 87–98. https://doi.org/10.37531/celeb.v3i1.1407

References

  1. Ardiana, V., Zahranissa, N., & ... (2023). Dampak Dan Kontribusi Positif Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Perajin Tempe Plaju Oleh Pt Kilang Pertamina Internasional Ru …. … Journal of …, 3(1), 130–146. Retrieved from http://batarawisnu.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/160
  2. Aulia, A. S., Lestari, D., Khalib, I., & Safitri, M. (2023). Pengembangan UMKM Tempe Nugget Desa Seberang Sungai Development Of Tempe Nugget MSMEs In Seberang Sungai Village. 1(3).
  3. Fitriana, Aning, R. Satria Setyanugraha, and Reza Rahmadi Hasibuan. "Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Masyarakat yang Mandiri Kelurahan Teluk Kabupaten Banyumas." Perwira Journal of Community Development 1.1 (2021): 37-41.
  4. Hasibuan, R. R., Setyanugraha, R. S., Amelia, S. R., Arofah, A. A., & Pratiwi, A. R. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Air Nira Pohon Kelapa Menjadi Gula Semut untuk Meningkatkan Perkonomian Desa Kuripan Kabupaten Cilacap. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 107-111.
  5. Hasibuan, R. R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Tenaga Penjual terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Import Oriflame di Spo 1507. Jurnal Ekonomi, 11(2), 1-12.
  6. Ardiana, V., Zahranissa, N., & ... (2023). Dampak Dan Kontribusi Positif Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Perajin Tempe Plaju Oleh Pt Kilang Pertamina Internasional Ru …. … Journal of …, 3(1), 130–146. Retrieved from http://batarawisnu.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/160
  7. Aulia, A. S., Lestari, D., Khalib, I., & Safitri, M. (2023). Pengembangan UMKM Tempe Nugget Desa Seberang Sungai Development Of Tempe Nugget MSMEs In Seberang Sungai Village. 1(3).
  8. Hutagalung, J., WInata, H., Sobirin, & Hendra Jaya, O. F. S. (2023). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Pengembangan Marketing Dan Branding Produk Pada UMKM. Jurnal Abdimas Tgd, 3(1), 137–144.
  9. Megasari, R., & Bulotio, N. F. (2023). Pemberdayaan Perempuan Melalui Diversifikasi Produk Berbahan Baku Udang Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 41–45. https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4327
  10. Sutrisno, G., Umiyati, H., Ristiani, R., & Swastika, U. U. (2023). BIMBINGAN KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK PADA USAHA PENGRAJIN TEMPE DI KAMPUNG TEMPE KELURAHAN KOANG JAYA KOTA TANGERANG.
  11. Swissia, P., & Halimah. (2023). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRANDING PADA UMKM TEMPE MBAH MUL DI DESA PURWOTANI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949–5956. https://doi.org/10.31862/9785426311961