Main Article Content
Abstract
Program pelatihan e-commerce telah menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan pasar digital yang semakin kompetitif. Melalui pelatihan yang berhasil menjangkau sejumlah UMKM di kawasan yang ditargetkan, para peserta, termasuk pemilik UMKM dan staf mereka, berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan terkait e-commerce. Materi pelatihan mencakup konsep dasar e-commerce, strategi pemasaran online, manajemen inventaris, penggunaan platform e-commerce, serta aspek legal dan keamanan dalam berbisnis online. Evaluasi sebelum dan sesudah pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan penerapan konsep e-commerce oleh peserta, yang kemudian berhasil mengoptimalkan bisnis mereka secara online. Program ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi UMKM, tidak hanya dalam meningkatkan kapasitas mereka dalam mengadopsi teknologi e-commerce, tetapi juga dalam membantu mereka bersaing di pasar digital yang semakin ketat. UMKM memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan bisnis mereka, meningkatkan pendapatan, dan menciptakan lapangan kerja baru dalam komunitas mereka. Meskipun berhasil mencapai banyak tujuan yang diinginkan, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan tantangan teknis tetap menjadi kendala. Oleh karena itu, rekomendasi untuk memperluas jangkauan kegiatan, meningkatkan aksesibilitas sumber daya, dan menyediakan dukungan teknis yang lebih mendalam di masa mendatang akan menjadi langkah yang diperlukan untuk kesuksesan program pelatihan e-commerce yang berkelanjutan. Dengan demikian, upaya meningkatkan kapasitas UMKM melalui pelatihan e-commerce dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan dalam memperkuat ekonomi lokal
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Dewi, Y. P., & Andriansyah, A. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan Media Online Produk Wardah Terhadap Prilaku Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Makassar. Journal of Communication Sciences (JCoS), 4(1), 52–65. https://doi.org/10.55638/jcos.v4i1.669
- Linawati, L., Wirastutia, N. M. A. E. D., Widyantara, I. M. O., Wiharta, D. M., & Mertasana, P. A. (2018). Pemberdayaan Umkm Perempuan Kota Denpasar Dibidang E-Commerce. Buletin Udayana Mengabdi, 17(1), 53. https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i01.p09
- Makki, S. (2019). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online// diakses 23 April
- Pryanka, A. (n.d.). Baru 4,7 Juta UMKM Go Online” , 17 Oktober 2018.
- Rispawati, R., & Muliati, M. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Supercab Pada PT. Auto Indo Utama (Dongfeng Sokonindo) Makassar. Jurnal Mirai Management, 8(3).
- Sugeng Purwanto, M. T. R. (2023). Digital Marketing Training and Assistance as an Effort to Increase the Capacity of MSMEs in Semolowaru Village, Surabaya City. JURAI: Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 45–63.
References
Dewi, Y. P., & Andriansyah, A. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan Media Online Produk Wardah Terhadap Prilaku Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Makassar. Journal of Communication Sciences (JCoS), 4(1), 52–65. https://doi.org/10.55638/jcos.v4i1.669
Linawati, L., Wirastutia, N. M. A. E. D., Widyantara, I. M. O., Wiharta, D. M., & Mertasana, P. A. (2018). Pemberdayaan Umkm Perempuan Kota Denpasar Dibidang E-Commerce. Buletin Udayana Mengabdi, 17(1), 53. https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i01.p09
Makki, S. (2019). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online// diakses 23 April
Pryanka, A. (n.d.). Baru 4,7 Juta UMKM Go Online” , 17 Oktober 2018.
Rispawati, R., & Muliati, M. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Supercab Pada PT. Auto Indo Utama (Dongfeng Sokonindo) Makassar. Jurnal Mirai Management, 8(3).
Sugeng Purwanto, M. T. R. (2023). Digital Marketing Training and Assistance as an Effort to Increase the Capacity of MSMEs in Semolowaru Village, Surabaya City. JURAI: Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 45–63.