Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah secara mendasar cara bisnis dilakukan di seluruh dunia, mengubah paradigma bisnis, model nilai, dan interaksi antara pelaku bisnis dengan pelanggan. Era digital membawa peluang baru seperti akses pasar global yang lebih luas dan efisiensi operasional yang meningkat, namun juga menimbulkan tantangan baru seperti persaingan yang semakin ketat dan kebutuhan akan adaptasi yang cepat. Transformasi digital memerlukan pemahaman dan penguasaan strategi dan keterampilan berbisnis online yang krusial bagi kesuksesan bisnis, terutama di tingkat lokal dan regional. Namun, banyak pelaku bisnis lokal menghadapi tantangan seperti akses terbatas terhadap pengetahuan dan sumber daya untuk mengembangkan dan menerapkan strategi berbisnis online yang efektif. Strategi bisnis digital harus diarahkan untuk menghindari risiko seperti penilaian prospek bisnis yang buruk dan dukungan teknis yang tidak memadai. Oleh karena itu, diperlukan upaya mendesak untuk mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat yang fokus pada pemahaman dan pengembangan strategi serta keterampilan berbisnis online. Program ini melibatkan partisipasi aktif dari pelaku bisnis lokal, komunitas, akademisi, dan praktisi bisnis, dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi pengembangan ekonomi lokal, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan daya saing bisnis di era digital yang terus berubah.

Keywords

Bisnis Online, Era Digital, Transformasi Bisnis, Strategi dan Keterampilan

Article Details

How to Cite
Muliati, M., wahyudi, R. N. ., Rahayu, P. B. ., Andriansyah, A., & Purnamasari, D. . (2024). Transformasi Bisnis di Era Digital: Pengembangan Strategi dan Keterampilan Berbisnis Online. Celebes Journal of Community Services, 3(1), 06–12. https://doi.org/10.37531/celeb.v3i1.1145

References

  1. Correani, A., De Massis, A., Frattini, F., Petruzzelli, A. M., & Natalicchio, A. (2020). Implementing a Digital Strategy: Learning from the Experience of Three Digital Transformation Projects. California Management Review, 62(4), 37–56. https://doi.org/10.1177/0008125620934864
  2. Darmawan, P. A. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Memediasi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Pada Florist Online Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 2076–2104.
  3. Malacopo, M. S., & Andriansyah, A. (2023). Pengaruh Konten Viral Avoskin Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Bagi Pengguna Tiktok Di Kota Makassar. Journal of Communication Sciences (JCoS), 5(1). https://doi.org/10.55638/jcos.v5i1.379
  4. Sabaruddin, Nahdiana, A. (2023). THE BENEFITS OF YOUTUBE IN AGRICULTURAL EDUCATION: WHAT DO STUDENTS THINK? KINESIK, 10(3), 345–358.
  5. Setiawati, L., Mulyandi, M. R., & Mayrene, G. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Binaan Yayasan Cinta Baca Indonesia. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 208. https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.12710
  6. Simarmata, J., Cita Sari, D., Wahyudin Purba, D., Mufarizuddin, & Said Hasibum, M. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Books, September, 1–110.
  7. Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640