Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility  sebagai variabel moderasi ( Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode (2020-2022)Sampel Pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di di Bursa Efek Indonesia 2020-2022. Teknik analisis data dilakukan dengan statistic deskriptif dan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Semakin besar profitabilitas maka akan semakin tinggi nilai perusahaan.  Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan dimoderasi corporate social responsibility (CSR). Semakin besar profitabilitas yang diperkuatt oleh corporate social responsibility (CSR) maka nilai perusahaan akan semakin meningkat.

Keywords

Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility.

Article Details

References

  1. Astuti, H. H., Oktavianus, R. A., & Augustine, Y. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Tipe Industri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 5(2), 185. https://doi.org/ 10.25105/jmat.v5i2.5074
  2. Agus Prawoto. 2016. Penilaian Usaha. Yogyakarta: BPFE.
  3. Basuki, Agus Tri dan Prawoto, Nano. (2006). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi &Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.
  4. Birgham, E. F. Dan J. F. Houston. 1997. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Sembilan Jilid I. Erlangga. Jakarta.
  5. Darwin Purba. 2015. Menuju Indonesia Baru. Jakarta: Geupedia
  6. Deriyarso, I. (2014). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 11(2), 3–12.
  7. Harningsih, Henri, A. &, & Angelina. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan DCSR Dan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasiengan Pengungkapan. Ranah Research Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), 199–209.
  8. Hery. (2016). Akuntansi Dasar. Jakarta: PT. Grasindo
  9. Hery. (2016). Mengenal dan Memahami Dasar-Dasar Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Grasindo.
  10. Junardi, J. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 68–79. https://doi.org/10.31932/jpe.v4i2.567
  11. Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  12. Mufidah, N. M., & Purnamasari, P. E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. El Dinar, 6(1), 64. https://doi.org/10.18860/ed.v6i1.5454
  13. Musfirati, A., Ginting, L., & Hakim, M. L. N. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(2), 471. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.379
  14. Mega Wati Jabir (2020), Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Varibel Moderasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia Makassar.
  15. Pertiwi, P. J., Tommy, P., & Tumiwa, J. R. (2016). Pengaruh Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.Jurnal EMBA , Vol.4 No.1, 1369-1380.
  16. Pirmatua Sirait., 2017., Analisis Laporan Keuangan, Ekuilibria, Yogyakarta.
  17. Raningsih, N. K., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Manajemen perusahaan memiliki tujuan utama yaitu memaksimalka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8), 1997–2026.
  18. Hackston, David dan Markus J. Milne. 1996. “Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zaeland Companies”. Acconting, Auditing, and Accountability Journal Vol. 9 No. 1, pp 77-108.
  19. Susanti, M., Duta, U. K., Eko, W., & Santoso, B. (2011). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. In Kajian Akuntansi (Vol. 6, Issue 2).
  20. Suharto, Edi. 2008. “Corporate Social Responsibility: Whats is and Benefits for Corporate”. Makalah Disajikan Dalam Seminar Dua Hari CSR (Corporate Social Responsibility): Strategy, Management and Leadership, Intipesan, Jakarta 13-14 Februari 2008