Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis lingkungan eksternal maupun internal serta merumuskan strategi yang diperlukan dalam pengembangan kerajinan anyaman rotan di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep melalui pemasaran online. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, fokus grup diskusi (FGD) dan kuesioner pada kelompok pengrajin anyaman rotan. Informan dipilih 4 orang berdasarkan kriteria tertentu dan secara insidentil yang dapat ditemui. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (Strength, Weakness, Opportunity and Treath) / SWOT analysis. Tahap awal adalah input yaitu penentuan nilai IFE dan EFE, alternatif  strategi diperoleh dari perhitungan pada tahap pencocokan yaitu Matriks SWOT. Terakhir adalah tahap keputusan penentu alternatif strategi yang akan dijalankan. Hasil penelitian ini adalah ada lima alternatif startegi yang ditawarkan bagi usaha kerajinan anyaman rotan di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep yaitu: 1) Menerapkan manajemen hubungan pelanggan dengan menekankan pada pelayanan prima secara langsung maupun online. 2) Pengembangan kerjasama dalam  menerima ide-ide maupun komplain atau keluhan bagi pelanggan serta pengembangan produk baru. 3) Meningkatkan produksi kerajinan yang beragam bentuk maupun fungsi. 4) Memberdayakan pemasaran melalui media sosial/online, serta marketplace. 5) Pemanfaatan lokasi penjualan langsung menjadi sentra kerajinan anyaman rotan dan bambu.

Keywords

Strategi, pengembangan, kerajinan

Article Details

References

  1. Al-Kautsari, M. M. (2017). Model transisis peningktana partisipasi masyarakat desa: Strategi Pengembangan Usaha Industri Kreatif Kerajinan Batik di Desa Krebet, Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 23. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-02
  2. Azlam, R., & Asse, A. (2018). Strategi pemasaran online (Studi kasus facebook marketing warung bakso mas cingkrang di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231.
  3. Baturante, N., Kamase, J., & Nasaruddin, F. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. SEIKO: Journal of Management & Business, 1(2), 117-127.
  4. Bonita, F. (2013). Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerajinan Batik Di Kota Semarang. Economics Development Analysis Journal, 2(3), 234–245.
  5. Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
  6. Dahmiri, D., Kartika Wulan Bhayangkari, S., & Tiswiyanti, W. (2021). Pendekatan internet marketing: strategi pengembangan industri kecil menengah kerajinan. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 487–496. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i3.14343
  7. Ernawati, E., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pengembangan kerajinan anyaman Purun untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(1), 27–40. https://doi.org/10.21067/jem.v17i1.5215
  8. Fachrizal, R. (2016). Pengaruh modal dan tenaga kerja terhadap produksi industri kerajinan kulit di Kabupaten Merauke. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 9(2), 66. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.9.2.66-75
  9. Hesty Heryani, Agung Cahyo Legowo, I. P. N. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Inovasi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(3), 290–298. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.290
  10. Ilhamuddin, H. M., Rusminah, R., Hilmiati, H., & Ahyar, M. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Sektor Kerajinan Perhiasan Mutiara Di Kota Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 7(1), 58–69. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i1.402
  11. Joesyiana, K. (2017). Strategi pengembangan industri rumah tangga di kota pekanbaru (Studi kasus usaha tas rajut industri pengolahan kreatifitas tali kur). Jurnal Valuta, 3(1), :159-172.
  12. Nilalowati, A., Basalamah, S., Arif, M., & Hamzah, F. F. (2021). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Perawat Pada Ruang Rawat Inap RS. Ibnu Sina YW UMI Makassar. YUME: Journal of Management, 1(2).
  13. Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.19
  14. Ningsih, N. M. C. (2015). Pengaruh Modal dan Tingkat Upah terhadap Nilai Produksi serta Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kerajinan Perak. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 8(1), 83–91.
  15. Nisa, K., Laili, A., Qolbiyatul, S., & Suyanto, M. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline. Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1), 55–60. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2018
  16. Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Jurnal Agora, 1 (1)(1), 337–347.
  17. Gani, A. (2009). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai kantor pelayanan pajak bumi dan bangunan kota Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(1), 220-228.
  18. Rahayu, D., Nuryadin, M. R., & Rakhmatullah, A. (2018). the Potency and the Strategy of Woven Craft Industry Development in Tapin Regency. Ecoplan, 1(1), 27–35.
  19. Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(1), 71–90. Retrieved from www.queenova.com,
  20. Siswanto, D., Basalamah, S., Mus, A., & Semmaila, B. (2020). Transformational leadership, trust, work involvement, soldier's job satisfaction. Management Science Letters, 10(13), 3143-3150.
  21. Sasmitha, N. P. R., & Ayuningsasi, A. . ketut. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengrajin pada Industri Kerajinan Bambu di Desa Belega Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(1), 64–84.
  22. Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
  23. Tungga Dangin, I. G. A. B., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengerajin Pada Industri Kerajinan Kulit Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 681. https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i07.p02
  24. Toto, A. B., Bijang, J., & Kamase, J. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Disiplin dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah (MA) Di Kabupaten Maros. YUME: Journal of Management, 2(3).
  25. Yanuar Herlambang. (2015). Peran kreatifitas generasi muda dalam industri kreatif terhadap kemajuan bangsa. Jurnal Teknologi INformasi Dan Komunikasi, 2(1).
  26. Syurya, S., Kamase, J., & Alam, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kota Pare-Pare. YUME: Journal of Management, 2(3).