Main Article Content

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan digital mendorong transformasi dunia pemasaran secara konvensional (offline) menjadi secara digital (online) hal ini juga berlaku pada UMKM. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan strategis dalam proses pembangunan ekonomi nasional dengan meningkatkan PDB negara Indonesia dalam menghadapi Era Industri 4.0. sehingga penerapan pemasaran digital perlu dilakukan oleh UMKM demi meningkatkan penjualan yang dapat berpengaruh terhadap perekonomian negara. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh UMKM Warung Sembako Bintang dan memberikan wawasan dan menerapkan strategi pemasaran secara digital yang berguna untuk memperluas jangkauan pemasarannya. Metode pelaksanaannya berupa koordinasi, perencanaan, pelaksanaan hingga monitoring terhadap kegiatan yang dilakukan dengan mitra. Hasil dari kegiatan ini berupa adanya transformasi strategi pemasaran secara digital dapat mempermudah UMKM Warung Sembako Bintang dalam memperluas pemasarannya

Keywords

UMKM strategi pemasaran digital teknologi penjualan dan perekonomian negara

Article Details

How to Cite
Sentoso, A. ., Nurhidayati, M. ., Riana, S. F. ., Lo, M. ., Jovina, J., & Tan, R. . (2023). Strategi Penerapan Pemasaran Digital Marketing pada Warung Sembako Bintang. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 3(1), 9–23. https://doi.org/10.37531/amar.v3i1.507

References

  1. Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
  2. Amri, A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. Jurnal Brand, 2(1).
  3. Barkah Susanto, Akrim Hadianto, Fardan Nur Chariri, Miftachul Rochman, Muhammad Mirza Syaukani, A. A. D. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
  4. Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 63–84. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i1.5.63-84
  5. Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1). https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6926
  6. Nasution, A. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 15(2), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484
  7. Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
  8. Saifuddin, M. (2014). Dengan memanfaatkan aplikasi pemasaran berbasis android ( Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di yayasan al madina surabaya ) (online). Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 16–20. https://nscpolteksby.ac.id/ejournal/index.php/jbt/article/download/180/152/404 (diakses 25 April 2021)
  9. Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sinta, R., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. 6(2). https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
  10. SI, S. (2011). Social Media and Its Role in Marketing. Business and Economics Journal, 07(01). https://doi.org/10.4172/2151-6219.1000203