Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bauran media elektronik yang terdiri dari media televisi, media Radio dan media internet terhadap peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yaitu data yang diperoleh dari sumber pertama. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi serta menyebarkan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 125.123 tenaga kerja sektor formal yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar. Sampel penelitian berjumlah 100 yang dihasilkan melalui formulasi Slovin. Data yang berhasil dikumpulkan akan dianalisis melalui beberapa tahapan pengujian, yaitu melakukan analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik dan menguji seluruh hipotesis yang diajukan dalam studi ini yang dibuktikan melalui uji f (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial maupun secara simultan media elektronik yang terdiri dari: media televisi, media radio dan media internet mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar.

Keywords

Media elektronik; BPJS Ketenagakerjaan;.

Article Details

How to Cite
Asniwati , A. . . (2021). Electronic Media Mix to Increase BPJS Employment Membership in Makassar Branch. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.37531/amar.v1i2.129

References

  1. An, I. W. A. M. P., Wardana, M., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Pengaruh E-Servqual Terhadap Customer Satisfaction, Trust, Dan Word Of Mouth Peserta Bpjs Ketenagakerjaan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5, 3647–3682.
  2. Baskoro, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Bukan Penerima Upah Pada Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo. Iain Ponorogo.
  3. Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
  4. Ezah, W. (2019). Analisis Upaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah I Riau Dalam Meningkatkan Kepesertaan Tenaga Kerja Informal Di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  5. Ghozali, I. (2013). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square,. Badan Penerbit Univeritas Diponegoro, 244.
  6. Kurniawan, H. (2017). Pengaruh Nilai Peserta Dan Kualitas Sistem Terhadap Kepercayaan Peserta Serta Implikasinya Terhadap Intensitas Penggunaan Layanan Elektronik Di Bpjs Ketenagakerjaan Cab. Jakarta Gambir. Universitas Mercu Buana.
  7. Mahlisa, N. (2016). Hubungan Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Di Puskesmas Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Universitas Teuku Umar Meulaboh.
  8. Mania, M. (2017). Analisis Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Minat Petani Dalam Kepesertaan Bpjs Kesehatan Mandiri Di Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Diponegoro University.
  9. Nasii, W. J., Wahyu, W., & Yuliati, Y. (2018). Analisis Bauran Promosi (Promotion Mix) Badan Penyelenggara Jaminian Sosial (Bpjs) Ketenagkerjaan Bengkulu Pada Sektor Informal Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta. Universitas Bengkulu.
  10. Nim, F. S. P., & Sunyata, L. (2019). Strategi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Ketenagakerjaan Cabang Pontianak Dalam Pelaksanaan Program Perluasan Kepesertaan Di Kota Pontianak. Publika-Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(2).
  11. Pascal, G., Roeliana, L., & Suratman, S. (2019). Strategi Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Pengguna Jasa Program Bpjs Ketenagakerjaan Di Provinsi Bengkulu (Studi Di Kantor Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu). Universitas Bengkulu.
  12. Putra, K. A. (2018). Analisis Penerapan Customer Relationship Management Di Bpjs Ketenagakerjaan Diy. Universitas Gadjah Mada.
  13. Putro, Z. A. E., & Haryani, A. (2021). Terpaan Media Kaum Muda Pada Program Jaminan Kesehatan Nasional Media Exposure Of Youth Over National Health Insurance Program.
  14. Rahman, W., & Gani, A. A. (2020). Bauran Media Elektronik Terhadap Peningkatan Kepesertaan Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Makassar. Journal Of Management Science (Jms), 1(2), 213–227.
  15. Rahmawati, W. (2017). Peran Media Komunikasi Terhadap Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional Pada Masyarakat Informal Di Diy. Jhes (Journal Of Health Studies), 1(2), 130–147.
  16. Rusiyah, R., Sidanti, H., & Apriyanti, A. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Dengan Kepercayaan Peserta Sebagai Variabel Intervening Pada Klaim Program Jht Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Madiun. Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 3.
  17. Sani, A., & Hafidah, A. (2020). PENGARUH SHOPPING LIFE STYLE DAN FASHION INVOLVMENT TERADAP IMPULSE BUYING BEHEVIOR MASYARAKAT HIGH INCOME MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
  18. Sari, N. O. (2021). Determinan Yang Berpengaruh Terhadap Kepesertaan Bpjs Ketenagakerjaan Penerima Upah Di Indonesia Tahun 2001-2017. Jurnal Paradigma Multidisipliner (Jpm), 2(3).
  19. Supeno, R., Warouw, D. M. D., & Mulyono, H. (2016). Peran Komunikasi Bpjs Kepada Pelaku Usaha Tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Studipadapelaku Usaha Di Wilayah Kelurahanmapanget). Acta Diurna Komunikasi, 5(2).
  20. Thalia Clarinita Winaldi, F. (2019). Laporan Praktik Kerja Lapangan Divisi Pemasaran Pada Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Kelapa Gading.
  21. Valentine, V. A. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Proses Pengambilan Keputusan Dalam Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional Pada Petani Di Wilayah Kerja Puskesmas Lojejer Jember Tahun 2017.
  22. Yandani, N. I. (2016). Strategi Komunikasi Bpjs Ketenagakerjaan Kcp Pangkep Dalam Menyosialisasikan Program Jaminan Pensiun. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.